Penyusunan Media Pembelajaran di Kelas

Share:
Penyusunan Media Pembelajaran di Kelas - Dengan ragam media pembelajaran kelas yang ada, tidak mengejutkan bahwa para guru dibanjiri pilihan-pilihan tersedia bagi mereka. Kenyataannya, petunjuk-petunjuk pemilihan, adaptasi pengembangan dan implementasi dan materi berbasis media tidak jauh berbeda dengan jenis petunjuk-petunjuk yang disebutkan dengan lebih Universal mengenai perencanaan pelajaran dan evaluasi buku teks. Karena itu, aspek-aspek seperti ketepatan materi-materi untuk pendidik sasaran itu, aspek-aspek seperti ketepatan mereka, sasaran pengajaran mereka dan prosedur-prosedur awal/pasca yang harus dipakai kesemuanya berperan penting dalam pemilihan penggunaan media pembelajaran. Karena itu, materi-materi berbasis media hendaknya tidak direncanakan, mendadak. Sebaliknya, harus direncanakan sama hati-hatinya dan pelajaran itu sendiri dan hendaknya membentuk komponen sentral pelajaran.


Pola yang disajikan dibawah ini dimaksudkan menempatkan aplikasi media untuk pengajaran dan membantu guru dalam menyusun pelajaran-pelajaran berbasis media dengan lebih baik. Dalam membuat kerangka ini "Pelajaran" dibagi menjadi lima tahap :
  1. Tahap informasi dan motivasi, dimana topik dan informasi latar belakang yang relevan disajikan, 
  2. Tahap input, dimana guru memastikan pemahaman item yang dipaparkan, 
  3. Tahap fokus, dimana siswa mempraktikkan tugas-tugas hingga mereka merasa nyaman dan percaya diri, 
  4. Tahap transfer yang lebih diorientasikan secara komunikasi secara komunikatif, yang didalamnya siswa diberi kesempatan untuk menawarkan komentar-komentar pribadi dan berbagai pengalaman yang berhubungan dengan konteks yang diberikan, dan 
  5. Tahap baikan yang bisa dipilih yang didalamnya evaluasi terhadap siswa dilakukan untuk penilaian prestasi/penguasaan siswa didik. Media biasa berperan pada sebagian atau kelima tahap pelajaran tersebut, dan bahwa ragam media bisa dipakai dalam berbagai tahap untuk melengkapi satu sama lain dan untuk mencapai sasaran pengajaran dituju.

Tidak ada komentar