Pola yang disajikan dibawah ini dimaksudkan menempatkan aplikasi media untuk pengajaran dan membantu guru dalam menyusun pelajaran-pelajaran berbasis media dengan lebih baik. Dalam membuat kerangka ini "Pelajaran" dibagi menjadi lima tahap :
- Tahap informasi dan motivasi, dimana topik dan informasi latar belakang yang relevan disajikan,
- Tahap input, dimana guru memastikan pemahaman item yang dipaparkan,
- Tahap fokus, dimana siswa mempraktikkan tugas-tugas hingga mereka merasa nyaman dan percaya diri,
- Tahap transfer yang lebih diorientasikan secara komunikasi secara komunikatif, yang didalamnya siswa diberi kesempatan untuk menawarkan komentar-komentar pribadi dan berbagai pengalaman yang berhubungan dengan konteks yang diberikan, dan
- Tahap baikan yang bisa dipilih yang didalamnya evaluasi terhadap siswa dilakukan untuk penilaian prestasi/penguasaan siswa didik. Media biasa berperan pada sebagian atau kelima tahap pelajaran tersebut, dan bahwa ragam media bisa dipakai dalam berbagai tahap untuk melengkapi satu sama lain dan untuk mencapai sasaran pengajaran dituju.
Tidak ada komentar