Ragam Media Pembelajaran dan Beberapa Pertimbangan Penggunaannya

Share:
Ragam Media Pembelajaran dan Beberapa Pertimbangan Penggunaannya - Guru yang mengharapkan proses dan hasil instruksional (Belajar Mengajar) efektif, efesien dan berkualitas, semestinya memperhatikan faktor-faktor media pembelajaran yang keberadaannya memiliki peranan sangat penting. Ketepatan memilih jenis media instruksional yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar sangat besar pengaruhnya terhadap efektifitas tercapainya tujuan instruksional, karena media yang digunakan harus sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, baik bahan yang dipelajari kemampuan pembelajaran mapun komponen instruksional lainnya.


Secara umum, media hanya dibesarkan menjadi dua kategori : a) Media non teknis, dan b) Media teknis Kategori pertama memberi keuntungan yang nyata dalam konteks dimana media non teknis dapat dipergunakan, sumber-sumber teknis jarang dipakai, atau pendanaan yang dipakai terbatas tidak banyak. Keuntungan lain bentuk-bentuk media yang tercakup dalam kategori ini adalah harganya rendah, banyak tersedia, terjangkau dan memiliki sifat ramah pengguna.

Kategori kedua merupakan bentuk-bentuk media ini lebih mahal dan kurang ramah pengguna dibanding media non teknis, namun mengandung tingkat "realistas psikologis" yang lebih besar yakin mereka bisa membawa dunia luar dalam semua kompleksitasnya kedalam, kelas kenyataannya, karena peserta didik dalam kehidupan keseharian mereka, kategori media ini bisa dipakai juga dikelas-kelas, hal ini dapat dilihat pada tabel berikut yang menyajikan item-item media yang termasuk dalam masing-masing kategori.

Kategori Media Non Teknis
Kategori Media Teknis
  • Papan Tulis/whiteboard/papan magnit/papan flanel/fegboard
  • Flascard/kartu indeks,grafik tembok, poster, peta, scroll, permainan papan, gambar-gambar yang domounted,foto-foto
  • Kartu/gambar garis, obyek, realita, pamflet/ brosur menu-menu flyer, perlengkapan, petunjuk operator, boneka koran, majalah.
  • Record player, radio tape player/recorder, radio, televisi, vidio player/recorder, telepon/ proyektor overhead trainer/ jarak jauh
  • Filmstrip, proyektor film, proyektor opaque, slide proyektor, computer lab, computer lab multimedia. Pusat akses sendiri

Dalam mempertimbangkan penggunaan Media, perlu untuk Melakukan pembedaan lebih jauh, yakin apakah media merupakan software (item-item media yang bisa dikomunikasi) atau diproduksi atau buatan guru sendiri, dan apakah otentik atau tidak. Guru juga harus mempertimbangkan apakah mereka dipakai sendiri atau bersama dengan media lain dalam lingkup multimedia. Akhirnya guru juga harus mempertimbangkan tujuan praktik atau menstimulasi interaksi komulatif, atau untuk memberi faedback (seperti dalam kasus) melakukan perekaman video/audio produk-produk lisan (ujaran ) siswa untuk diskusi dan evaluasi berikutnya).

Tidak ada komentar